Petunjuk Pembuatan Kolam Koi

 

Ikan koi sering disamakan dengan “mutiara yang bersinar di bawah air”. Menyaksikan ikan warna-warni berenang setiap hari sudah cukup membuat semangat semua orang terguncang. Oleh karena itu, permintaan pembangunan kolam Koi semakin ramai.

Banyak pemilik rumah yang “mendambakan” ingin membangun kolam mereka sendiri untuk mengikuti tren dan mempromosikan kemakmuran bagi keluarga. Memahami hal itu, kami menyediakan jasa kolam koi yang akan memandu Anda tentang cara membuat kolam Koi yang terperinci untuk referensi Anda.

Faktor penting saat melaksanakan konstruksi kolam Koi

Sebelum masuk ke petunjuk rinci tentang cara membangun kolam Koi, mari kita lihat faktor-faktor penting saat membangun. Ini dianggap sebagai masalah “kunci” yang menentukan apakah kolam Koi yang Anda bangun sudah memenuhi standar atau tidak. Dengan demikian, akan ada 5 faktor perlu dan cukup yang harus Anda pertimbangkan dan hitung dengan cermat sebelum membangun. Secara khusus itu adalah:

Lokasi pembangunan kolam koi

Lokasi selalu menjadi hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan dengan hati-hati ketika Anda berniat membangun kolam Koi.  Jika salah menentukan lokasi, bisa mempengaruhi peruntungan dan feng shui pemiliknya. Jadi, Anda perlu menghitung lokasi dengan cermat.

Dimana, menurut hukum feng shui saat membangun kolam Koi, lokasi terbaik harus dibangun di sebelah kiri pintu utama. Arahkan pintu ke arah “jalan Anda sendiri seperti air. Ini adalah posisi yang bisa menarik keberuntungan bagi pemiliknya. Tentunya selain lokasi tersebut, dimungkinkan untuk membangun danau di taman, di dalam ruangan atau di teras.

Ukuran kolam

Dimensi bervariasi tergantung pada ruang. Jika kecil, Anda dapat membangun tangki mini dan memilih ikan kecil. Namun jika ada syarat, kolam sebaiknya dibangun berukuran besar. Kedalaman ikan yang ideal adalah sekitar 80 cm. Tepi kolam dibangun 30 cm sampai 40 cm lebih tinggi dari permukaan air.

Bentuk

Bentuk kolam tidak mengikuti standar bangunan apapun. Tergantung pada preferensi dan feng shui Anda, kolam dapat dibangun secara berbeda. Di dalamnya dimungkinkan untuk menggunakankolam setengah lingkaran, oval atau lingkaran.

Ketinggian air

Ketinggian air yang sesuai untuk kolam Koi setidaknya harus 40 cm. Jika kolam dibangun di luar ruangan, ketinggian air harus dijaga pada 60cm. Air yang digunakan tidak mengandung bakteri dan penyakit. Dengan demikian ikan baru tumbuh dengan baik.

Sistem penyaringan air

Sistem filter berperan dalam menciptakan habitat yang sempurna bagi ikan untuk tumbuh dan hidup.

Untuk membangun kolam Koi yang standar dan berkualitas membutuhkan proses pelaksanaan yang agak lama. Oleh karena itu, petunjuk terperinci tentang cara membangun kolam Koi yang lengkap dirangkum dalam langkah-langkah utama berikut.

Langkah 1: Buat gambar desain kolam Koi

Pertama untuk membangun kolam koi, Anda harus melanjutkan ke gambar desain. Ini adalah sesuatu yang tidak boleh Anda abaikan sendiri. Karena ada gambarnya, maka konstruksi kolam Koi sesuai dengan standar detail. Minimalkan kesalahan.

Oleh karena itu, gambar desain ini harus dengan jelas menunjukkan setiap detail, termasuk:

  • Desain
  • Kedalaman danau
  • Sistem filter
  • Apakah ada kerangka atau tidak?
  • Bagaimana tata ruang di sekitar danau?

Langkah 2: Perawatan tanah

Setelah menyelesaikan gambar, Anda perlu memproses tanah. Secara khusus, tanah harus bersih dan rata agar konstruksi menjadi lebih mudah. Pada dasarnya proses pengolahannya tidak memakan waktu yang lama.

Langkah 3: Gali tanah

Setelah menyelesaikan langkah 2 tentang cara membangun kolam koi, Anda melanjutkan dengan mengerahkan pekerja untuk menggali tanah. Yaitu menggunakan cangkul dan sekop untuk membuat kawah. Kemudian bentuk kolam dengan ukuran yang benar dan gunakan ekskavator untuk mengambil tanah. Secara umum, ukuran feng shui yang sempurna untuk kolam adalah:

  • Panjang minimum: 2m
  • Lebar minimum: 0,8m hingga 1m
  • Kedalaman minimum: 0,6m hingga 1,6m

Setelah menggali tanah, gunakan cangkul, sekop dan linggis untuk memperbaiki akuarium kembali. Ini dengan hati-hati mengoreksi sudut akuarium dan membuat permukaan tanah.

Langkah 4: Sistem filter

Sistem filter tidak berbeda dengan “paru-paru” yang menentukan kehidupan ikan Koi. Oleh karena itu, sistem sekrup filter harus terintegrasi dengan baik dan penuh. Segera setelah menggali, masukkan sistem filter untuk kolam. Ingatlah untuk menghitung dengan cermat sistem sekrup filter agar proporsional dan paling aman.

Langkah 5: Dasar Kolam

Langkah 5 dalam instruksi tentang cara membangun kolam Koi adalah membuat alasnya terlebih dahulu. Pada titik ini, Anda harus meletakkan besi dan baja untuk membuat kerangka yang kokoh untuk dasar danau. Penggunaan besi dan baja bisa serupa dengan yang digunakan dalam konstruksi rumah. Setelah menggunakan lapisan besi tetap, semen akan menempel lebih kuat. Degradasi danau akan diminimalkan.

Setelah tata letak selesai, Anda menuangkan lapisan beton lain ke seluruh bagian bawah. Dan Anda juga melapisi tepi kolam. Ketika lapisan semen dituangkan, Anda ingat untuk menggiling dan memolesnya dengan cermat, berhati-hati agar lantainya halus dan rata. Jika Anda memiliki cukup uang, Anda dapat menggunakan teknologi tinggi untuk membantu permukaan menjadi lebih tertutup.

Langkah 6: Dinding Kolam

Kolam yang perlu Anda bangun dengan semen dan batu bata. Danau ini dibangun dengan ketinggian yang wajar. Di permukaan dinding harus membangun rasio terbaik dari tanah sekitar 15cm sampai 25cm. Ini akan membantu memastikan bahwa akuarium tidak dibanjiri air hujan.

Setelah kolam selesai, Anda harus melanjutkan ke waterproofing akuarium. Ada banyak pilihan waterproofing yang efektif untuk akuarium. Tergantung pada keuangan Anda, Anda dapat mempertimbangkan bentuk mana yang akan dipilih. Dan bentuk khas dari waterproofing adalah:

  • Gunakan terpal tahan air
  • Gunakan Sika tahan air
  • Gunakan cat tahan air
  • Gunakan film berperekat
  • Gunakan membran tahan air

Langkah 7: Buat Profil Kolam

Setelah menyelesaikan langkah 6, saatnya membuat pemandangan di sekitar danau. Yang terbaik yang Anda bangun, di sekitar dinding danau Anda harus meletakkan beberapa batu besar. Ini akan membantu meningkatkan daya tarik estetika danau. Di mana batu yang digunakan harus memilih batu yatim piatu yang besar dan berat dan menumpuk batu-batu kecil di sekitarnya. Di sekitar danau juga harus mengatur lebih banyak pohon hias, kurang gugur untuk memastikan kebersihan kolam.

Secara khusus, kolam Koi harus dikombinasikan dengan pegunungan atau air terjun gunung untuk menciptakan estetika dan meningkatkan feng shui. Ketika Anda melakukannya, ingatlah untuk menghitung dengan cermat ketinggian gunung agar sesuai dengan permukaan danau. Seberapa spesifik sistem air terjun mengalir dari atas? Karena air terjun yang bersirkulasi seperti aliran sungai, meningkatkan jumlah oksigen untuk kesehatan ikan Koi.

Langkah 8: Pasang sistem kelistrikan, pompa, filter

Ini adalah langkah yang sama pentingnya dalam instruksi tentang cara membangun kolam Koi. Oleh karena itu, sistem kelistrikan, pompa dan filter harus diperhatikan dengan cermat di lokasi pemasangan agar memenuhi standar dan memiliki kesempurnaan yang tinggi. Anda dapat berinvestasi dalam sistem filter tradisional. Kedua, Anda dapat menggunakan sistem filter modern berteknologi tinggi untuk meningkatkan kualitas filter akuarium untuk memastikan ikan yang sehat.

Langkah 9: Air terjun

Ketika kolam telah selesai, pompa air ke dalam kolam. Dengan demikian, air yang jatuh ke kolam jika itu adalah luar ruangan, ketinggian air minimum adalah 60cm. Kualitas air jernih, tidak ada alga, pH 7 hingga 7,5 oke.

Kemudian masukkan larutan desinfektan khusus ke dalam akuarium. Sebelum Anda memasukkan ikan, Anda melepaskan beberapa mikroorganisme untuk membersihkan tangki. Sekaligus menyeimbangkan pH danau. Dengan demikian, kultur mikrobiologi harus bertahan sekitar 5 hingga 10 hari.

Langkah 10: Lepaskan ikan koi

Jadi Anda telah menyelesaikan instruksi tentang cara membuat kolam Koi. Setelah sekitar 10 hari budidaya mikroba, Anda dapat melepaskan ikan. Danau yang baru dibangun sebaiknya melepaskan ikan berukuran kecil terlebih dahulu. Setelah ikan sehat, masukkan ikan Koi besar. Catatan sebelum melepaskan ikan ke danau, Anda harus:

  • Biarkan ikan berpuasa sebelum 5 hingga 7 hari
  • Biarkan seluruh kantong ikan di danau selama 30 hingga 60 menit
  • Karantina ikan selama sekitar 15 hingga 30 hari saat menebar ikan besar.

Tentang Penulis

Doni Bastian

Doni Bastian

Koi Expert, Professional Consultant, Ponds Filter Designer - Konsultan pemeliharan ikan koi dan penyedia jasa pembuatan kolam koi, desain sistem filter yang telah berpengalaman sejak tahun 1996. Penulis buku Serie GILA KOI

Buku Gila Koi

Arsip Artikel

Jasa Kolam Koi

Chat sekarang..
Halo.. saya Doni Bastian, bisa dibantu?