Kunci Membangun Kolam Koi yang Baik

Kolam koi menambahkan sentuhan yang sangat menawan dan berwarna-warni ke ruang hidup dan lanskap luar ruangan, tetapi mereka membutuhkan lebih banyak pekerjaan daripada fitur air lainnya. Meskipun kolam koi memang membutuhkan pemeliharaan berkelanjutan, sebagian besar pekerjaan yang diperlukan untuk kolam koi yang sukses diselesaikan pada tahap perencanaan proyek. Perencanaan yang buruk dan kurangnya pemahaman tentang apa yang dibutuhkan koi dapat membuat kolam koi gagal bahkan sebelum konstruksi kolam dimulai.

Sebelum Anda melakukan grounding di kolam koi baru Anda, pastikan sukses dengan mengetahui di mana Anda ingin meletakkannya, berapa ukuran kolam yang seharusnya, peralatan apa yang Anda perlukan dan jadwal perawatan apa yang perlu Anda pertahankan setelah kolam dipasang dan ditebar.

Lokasi

Untuk kenikmatan maksimal, tempatkan kolam koi Anda di bagian halaman yang dapat dengan mudah dilihat dari dalam rumah serta halaman atau taman. Ini mungkin berarti sedikit lebih banyak pekerjaan, karena pohon atau teras beton tua mungkin perlu disingkirkan, tetapi itu sangat berharga.

Kolam koi membutuhkan pengeluaran uang, waktu dan tenaga, dan Anda akan mendapatkan lebih banyak imbalan atas usaha Anda jika kolam terletak di mana Anda dapat menikmatinya tanpa mendaki ke sudut terjauh dari properti Anda.

Kolam koi Anda harus berada di area yang mendapat naungan, bukan sinar matahari langsung sepanjang hari. Idealnya, naungan ini berasal dari sumber selain pohon gugur atau semak yang dapat menjatuhkan daun dan menyumbat filter. Jika Anda hanya memiliki sinar matahari langsung, rencanakan untuk menambahkan bunga lili air dan tanaman terapung lainnya ke kolam untuk memberi keteduhan pada koi.

Ukuran

Kolam koi setidaknya harus memiliki kedalaman 4 kaki, tetapi kedalaman 8 kaki lebih diinginkan. Empat kaki memberikan kedalaman yang cukup untuk mencegah rakun memakan ikan Anda, tetapi Anda harus membuat kolam setidaknya 8 kaki untuk menghindari masalah dengan kingfisher, bangau biru, dan burung lainnya.

Membangun kolam dengan lebar tidak lebih dari 13 kaki memudahkan menjaring ikan dari luar kolam bila diperlukan; jaring yang cukup panjang untuk menjangkau lebih jauh dari itu menjadi berat dan sulit untuk ditangani.

Menaikkan tepi kolam koi sehingga setidaknya 6 inci lebih tinggi dari garis air dan tanah di sekitarnya menghentikan koi melompat keluar dari kolam, mempersulit ikan untuk menarik tanaman luar ke dalam kolam dan berhenti limpasan air hujan yang masuk ke kolam.

Peralatan

Kolam koi harus memiliki saluran bawah serta pompa air yang cukup kuat untuk mengalirkan semua air di kolam. Sistem penyaringan yang mencakup sterilisasi ultraviolet dan skimmer protein akan menjaga air kolam tetap bersih untuk ikan Anda. Mereka juga akan menjaga air bebas dari ganggang dan mikroorganisme lainnya sehingga tetap cukup jernih bagi Anda untuk melihat ikan. Meskipun mungkin mahal di muka untuk memasang semua peralatan kolam yang diperlukan, penting untuk menahan godaan untuk melewatkan filter UV atau menemukan pompa termurah.

Koi itu sendiri bisa menjadi investasi besar, tergantung pada jenis dan jumlah ikan yang Anda pilih, dan peralatan yang tepat adalah cara terbaik untuk melindungi investasi itu. Kolam koi juga membutuhkan pemanas di area mana pun di mana suhu air diperkirakan turun di bawah 55 derajat Fahrenheit di musim dingin.

Pemeliharaan Berkelanjutan

Koi adalah pemakan yang rakus dan perlu sering diberi makan. Pemberian makan yang tidak memadai akan menyebabkan mereka memakan semua yang mereka bisa, termasuk bunga lili air atau tanaman air yang telah Anda tambahkan ke kolam Anda. Pemilik kolam koi juga harus secara teratur memantau dan, jika perlu, menyesuaikan tingkat pH, nitrat, nitrit, amonia, klorin, fosfat, tembaga, dan oksigen kolam.

Penggantian air mingguan juga diperlukan untuk menjaga kolam koi yang sehat, dengan 5 hingga 10 persen air diganti selama minggu-minggu musim dingin dan 25 persen diganti setiap minggu di musim panas. Pembersihan filter dan skimmer secara rutin juga diperlukan.

Tentang Penulis

Doni Bastian

Doni Bastian

Koi Expert, Professional Consultant, Ponds Filter Designer - Konsultan pemeliharan ikan koi dan penyedia jasa pembuatan kolam koi, desain sistem filter yang telah berpengalaman sejak tahun 1996. Penulis buku Serie GILA KOI

Buku Gila Koi

Arsip Artikel

Jasa Kolam Koi

Chat sekarang..
Halo.. saya Doni Bastian, bisa dibantu?